Tips dan Trik Tersembunyi Di Windows 10

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang megah dengan banyak fitur yang mungkin saja tidak semuanya kamu ketahui. Penambahan banyak fitur ini tentu saja melalui serangkaian pembaruan.

Dengan sistem yang begitu kompleks, masuk akal jika ada trik dan tampilan antarmuka yang sudah berkembang yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Mungkin kamu belum begitu mengenal seluk beluk Windows 10 setelah kamu beralih dari Windows 7. Nah, di artikel ini kamu akan mengetahui semua rahasia yang ada di Windows 10.

Saya telah mencoba tips dan trik berguna yang akan membantu kamu menikmati pengalaman menggunakan Windows 10. Atau setidaknya, memberitahu kamu beberapa trik yang belum kamu ketahui. Beberapa trik sudah ada dari versi Windows sebelumnya, dan sebagian lagi eksklusif yang hanya ada di Windows 10.

Start Menu Rahasia

Seperti yang kita tau, tampilan Start Menu pada Windows 10 sudah lebih modern dengan tampilan kotak-kotak (tiled). Jika kamu menyukai tampilan Start Menu yang lama, kamu masih bisa menggunakannya di Windows 10. Caranya adalah kamu cukup klik kanan pada tombol Start Menu di sudut kiri bawah layar. Tampilannya terlihat sederhana dengan menu standard untuk Windows. 


Menampilkan Tombol Show Desktop

Di Windows 7, tombol Show Desktop adalah fitur kecil yang berguna. Di sudut kanan bawah desktop ada tombol rahasia. Tidak kelihatan? Lihat di ujung kanan taskbar di sebelah icon notifikasi, di situ kamu akan menemukan sepotong tombol kecil yang hampir tak terlihat. Klik untuk meminimize-kan semua jendela yang terbuka sekaligus dan akan langsung menampilkan desktop. 

Selain itu kamu bisa mengatur tombol tersebut untuk meminimalkan semua jendela hanya dengan mengarahkannya dengan kursor atau melakukan klik. Klik kanan pada taskbar, lalu switch on-kan pada tombol yang berada di bawah tulisan "Use peek to preview the desktop when you move your mouse to the Show desktop button at the end of the task bar"


Membereskan Jendela yang Berantakan

Fitur ini sebenarnya juga sudah ada di Windows 7, tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya atau menggunakannya (padahal ini fitur keren). Jika layar komputermu dipenuhi dengan jendela, dan kamu terlalu malas untuk meminimize-kan semua jendela satu persatu, kamu bisa membersihkannya dengan cara : klik dan tahan bagian atas jendela yang ingin kamu pertahankan, lalu "goyangkan" dengan cepat untuk meminimize-kan semua jendela lain yang sedang terbuka. Goyangkan sekali lagi jika ingin memunculkannya kembali.

Mengaktifkan Fitur Slide to Shutdown


Trik ini cukup rumit dan mungkin tidak begitu berguna, tetapi bisa dijadikan cara alternatif untuk mematikan komputer kamu. Klik kanan di desktop kemudian pilih New > Shortcut. Pada jendela yang muncul paste-kan baris kode ini :

%windir%\System32\SlideToShutdown.exe

Lalu akan tercipta sebuah shortcut di desktop yang bisa kamu klik. Klik dua kali pada shortcut untuk menjalankan program SlideToShutdown.exe. Ini akan memunculkan lapisan pada layar yang bertuliskan "Slide to shut down your PC", yang bisa kamu seret sampai ke bawah layar dengan mouse. Lalu komputermu akan melakukan shutdown.

Fitur Search yang Optimal

Jika pencarian di Windows berlangsung terlalu lama, kamu bisa mempersempit area pencarian agar mendapatkan hasil yang lebih cepat. Masuk ke Setting > Search > Serching Windows, pilih pencarian Classic, dan klik tulisan "Customize search locations here" untuk menentukan direktori mana saja yang akan kamu target sebagai area pencarian. 


Layar Terbalik

Jika kamu menginginkan sebuah monitor menampilkan gambar dengan posisi portrait, fitur ini bisa melakukannya. Caranya tekan Ctrl + Alt secara bersamaan, lalu gunakan tombol panah untuk memutar atau membalik layar. Panah kanan dan kiri akan memutar tampilan 90 derajat, sedangkan panah bawah akan membuat tampilan pada layar menjadi terbalik. Gunakan panah atas untuk mengembalikan tampilan layar.

Perintah menggunakan tombol ini tidak bisa di lakukan pada semua komputer. Jadi jika kombinasi tombol ini tidak berfungsi, kamu bisa membuka fitur ini dengan cara klik kanan pada tampilan desktop > Display settings, pada menu Display orientation kamu bisa memilih arah putaran tampilan layar.


Mengaktifkan 'God Mode'


Apakah kamu adalah seorang pengguna Windows yang expert dan ingin mengakses semua fungsi di PC kamu? God Mode akan membantumu. Klik kanan di desktop dan pilih New > Folder. Beri nama forder tersebut dengan kode ini :

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Setelah mengganti nama folder dengan kode di atas, icon folder akan berubah menjadi icon baru dan tanpa nama. Klik dua kali untuk menjalankannya dan akses ke semua fitur dan pengaturan Windows tersedia untuk mu.

Seret untuk Membagi Layar

Fitur ini sudah tersedia di Windows 7 tetapi lebih disempurnakan di Windows 10. Seret jendela ke sisi samping kiri atau kanan layar agar jendela memenuhi setengah layar. Dan jendela lain bisa kamu pilih untuk memenuhi setengah layar di sebelahnya. Kamu juga bisa membagi layar monitor untuk tiga atau empat jendela dengan cara menyeret jendela ke sudut layar yang akan memenuhi seperempat layar.


Game Bar Xbox Tersembunyi

Dengan menekan tombol Windows + G, kamu bisa membuka Game Bar Xbox. Ini adalah fitur yang memungkinkan PC kamu beralih ke mode game (mengoptimalkan software dan hardware untuk mendukung kelancaran bermain game, mematikan notifikasi, dan ada opsi perekaman layar), dengan panel tambahan untuk kontrol audio, memantau FPS dan lain-lain.


Untuk pengaturan lebih lanjut pada Game Bar Xbox bisa kamu akses dengan membuka menu Settings > Gaming.

Itulah tadi beberapa tips dan trik tersembunyi di Windows 10. Sebenarnya masih ada beberapa trik lagi tetapi mungkin akan saya lanjut ke part 2 atau update pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. See u...
BERIKAN KOMENTAR ()