Cara Menggunakan Chrome Remote Desktop : Kontrol Laptop Kamu Menggunakan Android


Di zaman serba mobile dan ringkas sekarang ini, remote pada komputer dapat dilakukan dengan banyak cara dan bisa dilakukan antara perangkat berbeda. Salah satunya dengan memanfaatkan ponsel Android. Banyak aplikasi yang menawarkan remote antar platform ini. 


Untuk penggunaan personal saya menyarankan menggunakan Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini sangat mudah dalam melakukan sambungan ke laptop karena hanya butuh akun Google dan password remote. Tidak seperti Remote Desktop dari Microsoft yang harus memasukkan IP dan Gateaway. Selain itu, Chrome Remote Desktop juga bisa digunakan pada sistem operasi Mac dan Linux.


Di bawah ini adalah cara menyambungkan Laptop dan Android serta cara penggunaan Chrome Remote Desktop. Tapi sebelum itu, pastikan laptop dan Androidmu sudah terhubung internet.


Persiapkan Aplikasi di Komputer

1. Buka browser Chrome di komputer

2. Klik atau ketik URL di bawah ini di kolom URL

https://remotedesktop.google.com/access

3. Pada bagian "Menyiapkan Akses Jarak Jauh", klik tombol Download.

4. Kemudian akan terbuka jendela Chrome Web Store, klik "Tambahkan ke Chrome".


5. Pada jendela pop up klik tombol "Add extention". Tunggu sampai Chrome mendownload dan menginstal esktensi Chrome Remote Desktop.

6. Setelah menambahkan ekstensi, Chrome juga akan mendownload otomatis aplikasi Chrome Remote Desktop untuk diinstal ke Windows.


7. Instal aplikasi aplikasi chromeremotedesktope.msi yang sudah didownload.

8. Setelah itu klik icon ekstensi Chrome. Lalu klik ekstensi Chrome Remote Desktop untuk memulai persiapan akses jarak jauh.


9. Pada tampilan ini klik "Aktifkan".


10. Beri nama untuk perangkat agar mudah dikenali, lalu klik berikutnya.

11. Pada tampilan "Pilih PIN", ketikkan PIN minimal 6 karakter untuk akses ke perangkat. Masukkan PIN yang sama di kolom kedua. Lalu klik Mulai.


Persiapkan Aplikasi di Android

Persiapan pada ponsel Android, kamu hanya perlu menginstal aplikasi Chrome Remote Desktop untuk Android yang bisa kalian download lewat Playstore.


Melakukan Sambungan Jarak Jauh

1. Buka aplikasi Chrome Remote Desktop yang sudah terinstal di ponsel Android kamu.

2. Pastikan kamu login menggunakan akun Google yang sama antara ponsel Android dan browser Chrome di laptop. Jika ada lebih dari satu akun pada Android, kamu bisa menggantinya di bilah menu.

3. Pada tampilan aplikasi Chrome Remote Desktop Android akan terlihat nama perangkat yang sudah kamu siapkan tadi. Silahkan kamu klik untuk memulai sambungan.

4. Masukkan PIN yang sudah kamu buat sebelumnya di browser Chrome desktop. Centang kotak "Jangan minta PIN lagi saat menyambungkan ke hosting ini dari perangkat ini" jika kamu ingin mengakses laptop kamu lagi tanpa memasukkan PIN. Kemudian klik tombol "Sambungkan".

5. Sekarang kamu punya akses penuh ke laptop pribadi dengan sambungan jarak jauh via Android. Untuk pengalaman yang lebih baik, putar layar Android agar tampilan menjadi landscape.


Cara Penggunaan Aplikasi Chrome Remote Desktop

Melakukan remote laptop menggunakan layar Android tidaklah sulit. Kamu bisa mengontrol pointer sama seperti menggunakan touch pad pada laptop. Atau jika kamu lebih terbiasa dengan sentuhan jari untuk pengoperasiannya, kamu bisa merubahnya pada bilah pengaturan. Swipe sisi atas layar ke bawah untuk membuka bilah pengaturan. Tap icon mouse untuk beralih ke mode sentuhan. Di sana juga terdapat icon keyboard yang berguna untuk membuka keyboard android jika kamu ingin mengetik. 

Berikut ini gestur jari untuk melakukan perintah pada aplikasi Chrome Remote Desktop Android.

Mode Mouse menggunakan pointer

Semua perintah di bawah ini berefek pada ujung pointer. Arahkan pointer ke target terlebih dahulu lalu lakukan perintah.

Perintah Gestur
Menggerakkan Pointer Swipe/geser jari pada layar
Klik Tap sekali
Double Klik Tap dua kali/double tap secara cepat
Klik kanan Tap sekali dengan dua jari
Scrolling/gulir Geser dua jari ke atas dan ke bawah (gulir vertikal) atau ke kanan dan ke kiri (gulir horizontal)
Drag and drop Tap dan tahan, lalu geser dan lepaskan

Mode Touch/Sentuh Tanpa Pointer

Semua gestur pada mode touch sama dengan mode mouse, hanya saja kita tidak perlu menggerakkan dan mengarahkan pointer karena perintah bisa langsung dilakukan dengan menyentuh target dengan jari, sama seperti penggunaan layar sentuh pada umumnya.


Itulah tadi tutorial cara menggunakan aplikasi Chrome Remote Desktop untuk mengontrol laptop menggunakan Android. Semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa memaksimalkan produktifitas kamu dalam bekerja.




BERIKAN KOMENTAR ()