Cara Mudah Melakukan Screenshot atau PrintScreen di Windows Menggunakan Aplikasi Lighshot



Screenshot pada smartphone lebih mudah dilakukan hanya dengan menekan kombinasi tombol power dan volume atau tombol khusus untuk melakukan tangkapan layar. Sementara untuk Windows, ada tombol khusus untuk melakukan screenshot yaitu tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard. Sayangnya tombol ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Microsoft. Untuk menyimpan tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file gambar, kita harus menempelkan gambar ke aplikasi Paint terlebih dahulu untuk kemudian menyimpannya sebagai file PNG atau JPG

Bukankah itu merepotkan? Tetapi ada cara yang lebih mudah, cepat dan nikmat. Yaitu menggunakan aplikasi Lightshot. Sebenarnya ada banyak aplikasi penangkap layar untuk OS Windows, tapi saya merekomendasikan Lighshot karena aplikasi ini mudah digunakan, fitur yang lebih dari cukup, sangat ringan karena berukuran kecil, dan yang terpenting gratis full version. Langsung saja kita simak bagaimana cara melakukan screenshot atau print screen di Windows menggunakan Aplikasi Lighshot.

1. Download aplikasi Lighshot via situs resminya di sini (hanya 2,7MB), kemudian instal.

2. Jika sudah terinstal, maka pada taskbar akan ada tampilan icon seperti pada gambar di bawah. Itu artinya Lightshot sudah berjalan di latar belakang dan siap untuk digunakan.



3. Pastikan kalian berada pada tampilan layar yang akan kamu ambil screenshot-nya. 

4. Tekan tombol PrintScreen/PrtSc pada keyboard kamu dan akan membuat tampilan layar monitor kamu menjadi gelap transparan.

5. Tekan tombol Ctrl+A untuk mengambil tampilan layar secara full atau lakukan seleksi area jika hanya ingin mengambil bagian tertentu pada layar.


6. Ketika berada pada tampilan seleksi, kalian bisa mengatur lebar dan tinggi gambar dan menandai atau melakukan coretan pada tangkapan layar.

7. Klik icon disket untuk menyimpan hasil tangkapan layar.

8. Pada jendela Save As, pilih lokasi penyimpanan, ketikkan nama file dan pilih jenis file JPG atau PNG.

Jika dibandingkan dengan cara print screen 'tradisional', Lightshoot lebih memudahkan kita untuk menyimpan hasil tangkapan layar kapan saja kita mau. Tidak perlu repot lagi untuk membuka Paint. Selain itu aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur instan seperti meng-upload file hasil screenshot langsung ke situs prntscr.com, melakukan penelusuran google dengan gambar hasil screenshot, membagikan hasil screenshot ke media sosial atau menandai bagian yang menurut kamu penting pada area tangkapan layar.

Itulah tadi cara mudah melakukan screenshot di Windows. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 
BERIKAN KOMENTAR ()