6 Aplikasi Android Berguna dari Google tapi Jarang Digunakan

Siapa yang tidak kenal Google. Perusahaan besar yang menghasilkan produk-produk yang berhasil memberi kontribusinya untuk umat manusia. Produk buatan Google yang paling populer adalah mesin pencari Google. Selain itu ada Android sebagai Sistem Operasi pada smartphone, Maps sebagai navigasi agar tidak tersesat di jalan, dan masih banyak lagi produk-produk ciptaan Google yang sangat berguna untuk kita. Tapi ada lho, beberapa aplikasi Google yang tidak begitu populer dan orang-orang tidak mengetahui kegunaannya. Bagi kalian yang belum tahu, inilah 6 aplikasi Android yang yang jarang digunakan tapi sangat unik dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

1. Find My Device


Apakah kalian pernah kehilangan ponsel atau lupa meninggalkannya entah dimana? Aplikasi ini akan membantu untuk menemukan ponsel kalian. Fungsi utamanya adalah melacak perangkat yang terhubung dengan akun
Google kalian. Ada tampilan Google Maps untuk mengetahui dimana lokasi perangkat sedang berada. Selain itu ada beberapa fitur lain seperti membunyikan ponsel dari jarak jauh dengan volume full walaupun perangkat dalam mode senyap. Lalu ada fitur amankan perangkat untuk mengunci ponsel dan menghapus perangkat untuk menghapus semua data dalam ponsel kalian dari jarak jauh. Kedua fitur ini berguna jika ponsel kalian dicuri. Kita juga juga bisa melihat status baterai dan koneksi apa yang sedang digunakan pada perangkat yang hilang. Aplikasi ini juga bisa diinstal ke tablet dan smartwatch Android

Syarat untuk menggunakan aplikasi ini adalah ponsel yang hilang harus terhubung dengan akun Google kalian dan juga harus terhubung dengan internet. Bisa jadi kekurangan memang, tetapi paling tidak bisa menjadi harapan untuk menemukan ponsel yang hilang. 

2. Snapseed

Untuk komunitas fotografi ponsel sebenarnya aplikasi ini sangat populer. Snapseed adalah aplikasi yang digunakan untuk edit foto. Tetapi untuk kebanyakan orang yang ingin lebih cepat dan mudah, mereka lebih suka menggunakan filter lalu tinggal meng-upload-nya ke Instagram. Sebenarnya Snapseed cukup mudah digunakan bahkan dengan fitur lebih lengkap dan mampu menghasilkan foto yang profesional. Jika ingin meng-edit foto dengan instan, Snapseed punya banyak filter yang bisa langsung digunakan. Gunakan fitur poles gambar untuk koreksi warna dan pencahayaan, dan masih banyak lagi fitur edit foto lainnya.


Sayangnya Snapseed masih memiliki kekurangan sebagai aplikasi edit foto, yaitu tidak mendukung layer dan penambahan tulisan pada foto yang tidak bisa dikreasikan karena hanya mengikuti template yang diberikan serta tidak ada pilihan font

3. Google Earth


Berapa banyak tempat yang ingin kalian kunjungi di seluruh dunia? Apakah kalian ingin mendaki puncak Everest hanya dengan sentuhan di layar ponsel? Semua bisa kalian lakukan dengan Google Earth. Google Maps mampu menyajikan gambar permukaan bumi secara detail tapi hanya dalam tampilan 2D dan itu hanya digunakan untuk kebutuhan navigasi. Sedangkan Google Earth mempunyai fungsi berbeda, yaitu untuk menjelajahi bumi virtual dalam bentuk 3D. Jika di Google Maps kita tidak bisa melihat perbedaan ketinggian pada daratan, sedangkan di Google Earth kita bisa melihat barisan pegunungan dan lembah. Kita juga bisa melihat bangunan dalam bentuk 3D atau bahkan sebuah kota dengan gedung-gedung tinggi. Beberapa fitur dari Google Maps juga tersedia di aplikasi ini seperti lokasi dan Street View.

4. Google Lens

Saat kalian melihat seekor hewan tapi tidak tau apa nama hewan itu, serahkan kepada Google Lens. Aplikasi ini bekerja seperti mesin pencari Google dengan cara yang berbeda. Kita hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke benda yang ingin kita telusuri. Kita bisa mengetahui nama hewan dan tumbuhan hanya dengan mengambil foto. Selain itu aplikasi ini juga bisa menerjemahkan tulisan lewat kamera, menyelesaikan tugas matematika dan mencari produk yang ingin kalian beli.



5. Kormo Jobs

Jika kalian sedang menganggur dan merasa memiliki kemampuan di bidang pekerjaan tertentu, kalian harus mencoba aplikasi ini. Kormo Jobs memberikan informasi lowongan untuk para pencari kerja. Kalian bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari perusahaan yang menerbitkan lowongan sesuai minat, kualifikasi dan lokasi kalian. Kalian juga bisa membuat surat lamaran digital langsung di aplikasi bahkan bisa langsung melamar dan menjadwalkan wawancara online.


Setelah mendaftar, kalian akan mendapat akses untuk melihat lowongan-lowongan baru dan konten-konten berisi materi pelatihan untuk membantu kalian mempelajari keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

6. PhotoScan


Adakah foto lama yang ingin kalian simpan ke memori ponsel tetapi tidak memiliki mesin
scanner? Gunakan FotoScan dari Google untuk memindai foto masa lalu kalian dengan menggunakan alat scan dari masa depan. Arahkan kamera ke foto masa lalu kalian kemudian ikuti alur pindai untuk menghasilkan foto yang sempurna. Jangan lupa gunakan rotasi cerdas agar mendapat potongan foto yang presisi.

Mungkin masih banyak lagi aplikasi dari Google yang sangat berguna, tetapi fungsinya lebih diperuntukkan untuk bidang tertentu. Saya juga tidak memasukkan aplikasi Google yang sudah umum atau bahkan sebagai aplikasi bawaan pada ponsel-ponsel Android. Contohnya seperti Google Maps, Youtube dan lain-lain. Mungkin kawan-kawan tekno ada yang mau menambahkan, silahkan komentar di bawah.

BERIKAN KOMENTAR ()