Senin, 03 September 2012

CARA MEMASANG HARDISK DAN DVD DRIVE

Sebelum melakukan praktek, kenali dulu jenis hard disk anda. Ada dua jenis tipe hard disk yaitu IDE dan SATA (lihat gambar).
Harddisk jenis IDE
Harddisk jenis SATA




Biasanya komputer sekarang banyak yang memakai hard disk jenis SATA. Jadi kita akan praktek dengan hard disk berjenis SATA. Dan supaya prakteknya mudah perhatikan gambar berikut.


Siapkan terlebih dahulu hard disk dan DVD ROM atau RW anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Pertama, aturlah jumper pada hard disk. Jumper ini ada di baian belakang hard disk dan memiliki tiga sampai lima pasang pin. Bila hard disk yang akan anda pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi "MASTER". Jika ada dua hard disk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai "SLAVE". Petunjunjuk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hard disk.
Jumper Harddisk


  • Pasang kabel data SATA pada port data di belakang hard disk. Pemasangannya tidak sulit. Cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hard disk, jadi tidak mungkin terbalik. Lalu, pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada port SATA 1 atau primary SATA pada mobo. Cara pemasangannya sema dengan pemasangan ke hard disk.


  • Kemudian pasanglah kabel power dari power supply ke harddisk. Jika power supply anda model lama yang tidak mempunyai kabel power untuk SATA, anda bisa menggunakan kabel power konverter (lihat gambar). Pasang dengan pas. Setelah itu pasang hard disk pada drive bay. Jika sudah pas, pasanglah bautnya.
    Konverter Power SATA

    Posisi kabel power dan data
    Letak hardisk di casing

  • Untuk pemasangan DVD drive relatif sama dengan pemasangan hardisk. Hanya penempatan hardisk ada di bagian atas casing atau di atas harddisk. Sebelum menempatkan DVD drive, buka dulu penutup bay-nya yang terbuat dari plastik. Tinggal tekan penutupnya dari bagian dalam.

 Semoga bermanfaat!

24 komentar:

  1. keren mas,, lengkap dengan gambar, ini yang ane cari

    BalasHapus
  2. Makasih mas...
    moga berguna...!!

    BalasHapus
  3. nah kalo ditambah dengan DVD ATA/IDE gimana mas karen aku tambahin DVD IDE , DVD nya gak kedeteck mas gimana cara pasang jumpernya ..tolong dibalas lewat email ya mas..Terima kasih

    BalasHapus
  4. Maaf mas aku bales di sini aja ya...
    kalo masalah DVD gak detect biasanya bukan masalah jumper lho mas. Kalo pun masalah jumper, setting aja jumper DVD jadi master dan Hardisk jadi slave atau sebaliknya (maaf gak bisa kasih gambarnya, silahkan cari di google).
    Tapi kalo gak berhasil juga coba cara ini ya..
    1. Ganti kabel data IDE sama yang lain. Kabel power yang dari power suply ke DVD juga di cek.
    2. Kalo gak ngaruh juga, coba pake DVD drive yang lain.

    Nah, kalo itu pun gak bisa juga, bisa jadi port IDE yang ada di mainboard udah rusak.
    Makasih mas, selamat mencoba.

    BalasHapus
  5. terima kasih tutorialnya silakan mampir lagi di motogp unsri ac id

    BalasHapus
  6. terima kasih atas info nya,,
    akan lebiih baik anda kunjungi situs kami http://unsri.ac.id

    BalasHapus
  7. ohh pake converter power ya, ok makasih ini yang aku cari. maklum cpu lama. thks yo, masalah terselesaikan, walaaaaaaaaaaaaa. www.gripko.com

    BalasHapus
  8. mas kalo kasusnya ni hardisk ada 2 nah waktu di start komputernya gamau nyala (nyala bentar kaga selang brpa menit langsung mati lagi).....tapi pas salah satu hardisknya di copot itu komputernya normal aja kaya biasa lagi ngomong2 itu letak masalahnya dimana ya? apa hardisknya corrupt, PSU gak kuat, atau permasalahan master - slave?

    dan pertanyaan kedua apa yang akan terjadi kalau kedua hardisk di set ke master? masalahnya saya kurang ngerti masalah master - slave gitu dan cara setting master - slave itu gimana? maklum saya masih pemula di jagat perakitan komputer!

    maaf banyak tanya tapi...malu bertanya kan sesat di jalan jadi lebih baik kan bertanya yaa...yaudah mohon bantuannya deh mas master hardisk..

    BalasHapus
  9. mas jika ak mau pasang hardisk sata memory 1tera dan itu ada 2 hdd itu bagaimana caranya???????

    BalasHapus
  10. terima kasih sobat.. :)
    berguna sekali tipsnya..

    BalasHapus
  11. casingnya pake casing merk apa itu bos?

    BalasHapus
  12. bagus infonya.
    mas numpang promosi ya...
    bagi yang mau sukses di sini
    http://indoboclub.com/?ref=Rizki%20Pratama%20Syahmi

    BalasHapus
  13. @Anonim ::
    Pertama yg mas perlu lakukan, pastikan kondisi 2 hardisknya emang baik. Cara mengeceknya, pasang secara bergantian (pasang 1 lepas 1). Kalau salah satunya gak bisa masuk windows atau gak ke-detect di BIOS, berarti salah satu hardisknya emang bermasalah. Cek juga konektor power dari power supply ke hardisk, daya yang kurang dari power supply ke hardisk juga berpengaruh besar.

    Kalau keduanya dalam kondisi bagus (bisa masuk windows dan ke-detect di BIOS), kita lanjut ke langkah ke-2. Yang perlu kita tau jenis 2 hardisk mas SATA atau IDE? Kalau keduanya IDE, masalah master-slave sangat berpengaruh. Solusinya set jumper hardisk untuk booting ke Master dan yg satunya lagi ke Slave. Cara lain, pakai 2 kabel data IDE (1 hardisk 1 kabel IDE atau jangan di gandeng). Setting hardisk untuk booting dari BIOS.

    Kalau yg 1 SATA dan yang 1 IDE atau kedua2nya SATA, gak ada masalah sama settingan jumper master-slave. Kita tinggal setting aja dari BIOS.

    Segitu aja yang saya tau, semoga membantu. Terima kasih kunjungannya.

    BalasHapus
  14. @oni::
    ya tinggal pasang aja mas. pakai 2 kabel sata. tapi mungkin mainboard juga harus yg keluaran taun tinggi kali ya... soalnya untuk menangani kapasitas sebesar 2TB perlu performa yang lebih.

    BalasHapus
  15. @kikilz::
    Casingnya merek abal abal bos... :D

    BalasHapus
  16. mas, misalkan menggunakan 2 hardisk pata tpi dipasang dengan dengan menggunakan 1 kabel data ide/pata itu bisa gak mas? pengaruh gak dalam transfer datanya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja mas. asal settingan jumper masing2 hardisk bener. set ke master untuk hardisk yg ada OS nya. utk hardisk yg kedua set ke slave. Ini penting kalo mau pake 1 kabel data aja. soalnya kalo setting jumpernya gak bener, PC gak mau booting, masuk BIOS pun lambat.

      Hapus
  17. sangat membantu bagi saya,,,,,,,,,,,,
    trimakasih,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  18. Kok hardis nya ilang ??

    BalasHapus
  19. oke bos trimakasih ...terus kalau masalah kabel power yang ke dvd dan ke hardisk bebas penggunaannya atau ada ketentuannya

    BalasHapus
  20. Lengkap dngan gambar..ini yg ane cari

    BalasHapus
  21. moel interisti20/08/14 11.28

    mantap mas....

    BalasHapus