Cara Memasang Grapich Card (VGA) pada PC


VGA adalah hardware yang berfungsi mengantar data (output) gambar ke monitor. Ada tiga tipe VGA, model AGP, PCI dan Onboard.
VGA jenis PCI
VGA jenis AGP




 











VGA jenis Onboard

Model VGA yang menggunakan slot PCI biasanya terdapat pada mobo komputer lama. Sedangkan komputer sekarang banyak menggunakan slot PCI express.
Dalam praktek memasang VGA ini kita akan menggunakan VGA jenis AGP.


Berikut ini cara memasang VGA :


  • Lepas plat penutup yang ada di belakang casing yang paling dekat dengan slot AGP. Gunakan tang jepit apabila plat susah di buka dengan tangan.
cara membuka plat casing
  • Tancapkan VGA ke slotnya dengan perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi besi pada pangkal kartu VGA masuk pada celah yang telah casing yang telah anda buka di langkah sebelumnya.


  • Pastikan kedudukan kartu grafis anda mantap dan tidak miring. Tekan lagi secara perlahan bila memang belum mantap. Biasanya di ujung slot AGP terdapat sebuah pengait. Geser pengait tersebut untuk mengunci kartu grafis.


  • Terakhir, kencangkan posisi VGA dengan pemasangan baut.



Sekian dulu tutorial memasang VGA. Semoga mudah dimengerti dan bisa menambah ilmu para pembaca. Jika ada yang ingin ditanyakan atau memberi kritik dan saran silahkan berikan komentar anda di bawah, atau hubungi saya lewat email.

Terima kasih.

BERIKAN KOMENTAR ()